Formulir Kontak

 

Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Mudah

Membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan tentu dambaan setiap guru, maka salah satu cara untuk mewujudkannya, kita bisa menggunakan multimedia pembelajaran. Kita dapat membuat sendiri media ini dengan bantuan teknologi informasi. Bagaimana caranya ikuti langkah – langkah sebagai berikut
  1. Menentukan tema materi pembelajaran
    Tentukan tema bahan ajar yang di inginkan. Satu hal yang sering dilupakan bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jangan sampai kita sama persis memindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit peserta didik. Buat media pembelajaran yang berisi point-point yang penting dan lebih bagus ditambah materi yang tidak ada di buku. Kemudian jangan terjebak oleh keadaan, semisal ketika guru biologi ingin menggambarkan sebuah jenis tumbuhan supaya bisa dipahami siswa, dan itu sulit ternyata dilakukan (karena guru tidak bisa mengambar di komputer, dsb), maka jangan dilakukan. Alangkah lebih baik apabila pohon tersebut dibawa saja langsung ke depan kelas. Ini salah satu contoh bagaimana media pembelajaran itu sebenarnya tidak harus dengan teknologi informasi.
  2. Memilih jenis multimedia pembelajaran
    Seperti yang kita bahas sebelumnya, jenis multimedia pembelajaran ada dua berdasarkan pengunaannya, yaitu multimedia pembelajaran presentasi dan mandiri.
  3. Menyusun alur cerita (storyboard)
    Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Manfaat storyboard ini adalah mempermudah kita di saat membuat multimedia pembelajaran nanti atau bisa disebut kerangka dasar pembuataan. Buat storyboard ini dengan software yang dikuasai seperti Microsoft word.
  4. Memilih software yang akan digunakan
    Gunakan software yang mudah dulu, seperti Microsoft powerpoint atau OpenOffice.Org Impress. Kembangkan multimedia agar lebih menarik dengan memanfaatkan animasi dan efeknya pada software tersebut.
  5. Gunakan teknik ATM
    Agar multimedia pembelajaran kita lebih menarik sebaiknya terapkan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kunjungi situs – situs di internet untuk melihat contoh-contoh yang sudah ada. Hal ini tentu bisa membangkitkan ide.
  6. Evaluasi
    Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran melaui multimedia yang kita buat, tidak salah kita adakan evaluasi. Apabila masih kurang berhasil perbaiki dan kembangkan terus multimedia pembelajaran yang kita buat.

    Total comment

    Author

    Taufik Hendratmoko

    1  komentar

    gmna cra mnjd guru gaul?

    Cancel Reply