Formulir Kontak

 

Pengantar Multimedia Pembelajaran

Pendahuluan

Multimedia pembelajaran adalah suatu perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi dan video yang yang dipergunakan sebagai perantara komunikasi dalam kegiatan pembelajaran.

Jenis Multimedia Pembelajaran
  1. Multimedia Pembelajaran Presentasi. Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Berupa point – point  materi yang disajikan (explicit knowledge) dan bisa saja ditambahi dengan film dan video untuk memperkuat pemahaman siswa. Dapat dikembangkan dengan software presentasi seperti: OpenOffice.Org Impress, Microsoft PowerPoint, dll.
  2. Multimedia Pembelajaran Mandiri. Software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri, tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge (pengetahuan tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (pengetahuan tambahan yang tidak terdapat di buku, pengalaman guru, dsb). Tentu karena menggantikan guru, harus ada fitur untuk latihan atau ujian beserta tahapan pemecahan masalahnya. Untuk level yang kompleks dapat menggunakan software semacam Macromedia Authorware , Macromedia Director, Adobe Flash, dll.
Kelebihan
  1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif.
  2. Mendorong guru berkreasi dalam mencari terobosan pembelajaran.
  3. Mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran.
  4. Menimbulkan minat dan menambah motivasi siswa.
  5. Mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit untuk disampaikan dibandingkan jika melalui  penjelasan satu arah atau alat peraga konvensional
  6. Memungkinkan pembelajaran mandiri karena sistem penyimpanan yang fleksibel sehingga tidak terbatas waktu dan tempat serta dapat digandakan.
Kelemahan
  1. Memerlukan alat pendukung yang tidak murah
  2. Memerlukan biaya perawatan
  3. Tidak semua sekolah mampu menyediakan infrastuktur pendukung (komputer, proyekor, dll)
  4. Tidak semua guru bisa memanfaatkan secara efektif dan efisien
Referensi

[1] Sihkabuden.1984.Pengantar Media Pendidikan. Malang: Jurusan KTP-FIP IKIP

[2] Ibrahim. 1981. Media Instruksional. Malang: P2T IKIP Malang

[3] RomiSatriaWahono, Membuat multimedia pembelajaran

[4] Yayasan Pengembang Pendidikan dan Telematika Indonesia, Pembelajaran berbasis multimedia

Total comment

Author

Taufik Hendratmoko

2   komentar

saya juga mulai suka dengan multimedia untuk menunjang pembelajaran ... bisa lebih interaktif dan memberikan banyak motivasi kepada siswa ....
saya pengen tau apa manfaat storyboard

Cancel Reply